Sabtu, 14 Agustus 2010

Belajar fisika dari perahu kaleng



Hari ini aku dibelikan hadiah sama ibu (karena aku puasa sampai zuhur) sebuah perahu kretek terbuat dari kaleng. Kata ayah perahu kaleng itu sudah ada sejak ayah masih kecil. Sesampainya di rumah, dengan dibantu ayah aku menyiapkan perlengkapan untuk menjalankan perahu itu, diantaranya sumbu kapas, minyak sayur dan korek api.
Kata ayah, dengan membeli perahu ini sama saja aku telah belajar hukum fisika, karena perahu itu berjalan dengan digerakkan oleh uap air yang keluar dari 2 lubang yang terletak di pantat perahu. Ketika sumbu dinyalakan, dia akan memanaskan air yang terdapat dalam pipa besi yang berisi air, ketika panas, air yang ada dalam pipa akan menguap keluar dan mendorong air, maka perahu kaleng itu akan maju disertai bunyi "kretek....kretek...".
Aku dan adikku senang sekali melihat perahu itu. Wah, ternyata belajar ilmu pengetahuan tidak harus membeli barang yang mahal lho. Mainan di sekitar kita juga asyik lho buat belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar